Pemerintah Desa Bangunjaya Kec. Pakel Kab. Tulungagung, Jawa timur melaksanakan studi tiru ke Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten Jawa Tengah Selasa (23/04/19). Kepala Desa Bangunjaya H. Jailani memimpin rombongan yang terdiri dari Perangkat Desa, Ketua TPPKK Ny. Ida Fitria, A.Md.Kep. , Pengurus BUMDes Bangunjaya, BPD, LPM, Karang Taruna “Widya Remaja” dan beberapa tokoh masyarakat untuk mengunjungi desa berpredikat pengelolaan dana desa dan BUMDes terbaik se-Indonesia.

Studi Tiru ini dilaksanakan dalam rangka belajar pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) serta pengelolaan potensi desa. Yang mana diketahui bahwa Desa Ponggok merupakan desa terbaik pengelolaan desanya di Indonesia. Direktur BUMDes Tirta Mandiri Desa Ponggok, Joko Winarno mengatakan desanya mempunyai BUMDes dengan nama “Tirta Mandiri” , merupakan representasi dari potensi sumber daya alam yang dimiliki oleh desa Ponggok, yaitu memiliki sumber mata air yang melimpah. Potensi air menjadi andalan desa Ponggok. Sumber air yang melimpah bersumber dari pertemuan dua Gunung Besar yaitu Gunung Merapi Dan Gunung Merbabu.

“Dulunya Desa Ponggok adalah desa yang sangat miskin dan tertinggal. Tapi karena kemauan yang sangat tinggi dari masyarakat setempat untuk merubah kehidupan menjadi lebih baik, berbagai daya upaya di tempuhnya; seperti menggandeng berbagai lembaga stake Holder (Universitas, Lembaga Professional dan pemerintahan Klaten dll),” Joko.

Ditambahkan berkat BUMDes ini, Desa Ponggok bisa memberikan pelayanan yang baik kepada masyarakatnya, memberikan peningkatan ekonomi dan kesejahteraan bagi warganya. Bidang usaha yang telah dikembangkan diantaranya dibidang Pariwisata, Perkebunan, jasa konstrukai, penyediaan bahan pokok serta Perkreditan. Kades Bangunjaya H. Jailani menjelaskan bahwa studi tiru ke desa Ponggok akan sangat bermanfaat. Banyak hal yang dipelajari tentang bagaimana Desa Ponggok begitu pesat pembangunan desanya.

Sesampai di Desa Bangunjaya, H. Jailani ingin mengaplikasikan di desanya. “Setelah kunjungan ini semoga akan membangkitkan semangat semua elemen Pemerintah Desa dan masyarakat yang kompak saling mendukung untuk membangun desa melalui pendirian BUMDes yang Insya Allah launching tahun 2020” ujarnya.

Dalam kunjungan tersebut rombongan H.Jailani menyempatkan mengunjungi sejumlah bidang usaha diantaranya Pengelolaan Gedung dan Event, Perikanan serta kolam pemandian yang dilengkapi dengan rumah makan diatas kolam. [dian_pr]

Bagaimana reaksi anda mengenai artikel ini ?